A. Mengenal Panel Timeline
Timeline merupakan panel utama yang berfungsi untuk mengatur cepat atau lambatnya animasi yang kita buat dan sebagai wadah untuk menyatukan objek-objek dari setiap layer.
Bagian-Bagian Time Line
Keterangan :
A = Layer, adalah suatu lapisan transparan yang berfungsi untuk mengatur peletakan objek-objek dalam suatu movie Flash. Jadi, objek yang berada di layer paling bawah akan tertutup oleh objek yang berada pada layer di atasnya.
B = Keyframe, adalah suatu frame yang berisikan satu objek atau lebih. Keyframe ditandai dengan bulatan hitam pada frame.
C = Blank Keyframe, adalah suatu frame kosong di mana di dalamnya tidak ada objek. Apabila Blank Keyframe tersebut diisikan sebuah objek, maka ia akan menjadi Keyframe. Blank Keyframe ditandai dengan bulatan putih pada frame.
D = Playhead, adalah suatu alat yang berfungsi untuk menjalankan animasi di stage tanpa perlu melakukan Test Movie terlebih dahulu. Playhead ditandai dengan kotak slider berwarna merah yang terletak di atas frame.
E = Frame, adalah suatu wadah bingkai yang membentuk suatu movie Flash. Movie tersebut terdiri atas sekumpulan gambar yang berurutan sehingga apabila dijalankan, movie terlihat seolah-olah bergerak.
B. Pengenalan Macromedia Flash 8
Macromedia Flash 8 adalah versi terbaru dari Flash. Sejak diakuisisi oleh Adobe, kemampuan dan fitur-fiturnya menjadi sangat dahsyat dan lengkap sehingga dapat digunakan untuk membuat berbagai macam aplikasi seperti animasi web, kartun, multimedia interaktif, sampai aplikasi untuk ponsel. Selain itu, Flash 8 juga kompatibel Dengan software-software desain dan animasi lainnya.
Bagian-bagian Macromedia Flash 8
A = Menu Bar, adalah sekumpulan perintah yang digunakan dalam Flash, seperti menu File > Save yang berfungsi untuk menyimpan file Flash.
B = Toolbox, adalah sekumpulan tool yang digunakan untuk
menggambar dan mengedit objek (Tools), mengatur sudut pandang (View), menentukan warna (Colors), dan opsi pilihan dari setiap tool yang ada (Options).
C = Panel Timeline, adalah panel yang berfungsi mengatur jalannya animasi yang kita buat. Di sini kita bisa mempercepat maupun memperlambat animasi.
D = Stage, adalah kanvas tempat kita meletakkan dan mengedit objek-objek Flash.
E = Panel Properties, adalah panel yang menampilkan atribut dari suatu objek yang sedang aktif sehingga atribut objek tersebut dapat kita ubah.
F = Panel Actions, adalah panel yang berisikan bahasa pemrograman ActionScript yang digunakan untuk membuat animasi interaktif.
G =Panel Color, adalah panel yang berfungsi untuk mengatur komposisi warna stroke maupun fill pada objek.
H = Library, adalah panel yang berfungsi untuk menyimpan objek-objek yang telah dijadikan symbol.
Sabtu, 20 November 2010
Mengenal Panel Timeline Dan Macromedia Flash 8
Posted by Fahmi Cheater st1 in medan on 00.46



6 komentar:
bagaimana cara melihat jalanya script tersebut pada saat flash tersebut play atau bermain?
bisnisb9@gmail.com
Annyeong
terimakasih, izin mengcopy
terimakasih, izin mengcopy
makasih sudah share
power supply hp
Jadinya begini
Posting Komentar